TUGAS TIK 3 (HARDWARE DAN SOFTWARE UNTUK MENGAKSES INTERNET)

Assalamualaikum.Wr.Wb
Saya ingin bebagi informasi tentang pengertian beserta contoh Hardware dan Software untuk mengakses internet.
Dan jenis jenis modem.
Selamat membaca.

*Hardware*
Hardware atau perangkat keras merupakan salah satu element darisistem komputer,suatu alat yang bisa dilihat dan diraba olehmanusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. sepertiperangkatperangkat masukan(input), perangkat pemroses(intermediate), maupunperangkat keluaran(output).
Jenis Hardware :

a. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.



b.Modem (Modulator Demodulator)
Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone. Modem adalah alat yang bertugas untuk menukar data dari bentuk digital ke analog dan sebaliknya.
*Jenis Modem :

    1.Modem Eksternal
modem eksternal ialah modem yang dapat di bawa kemana mana
Kelebihan modem eksternal :
1.Portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain.
2.Tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi.
3.Modem eksternal juga dilengkapi lampu Indikator Artikel Baru Yang memudahkan untuk Artikel Kita memonitor status modem. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem
Kekurangan modem eksternal :
1.Harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal.2.Modem Eksternal juga membutuhkan Tempat tersendiri untuk Artikel menaruhnya meskipun Kecil.

    2.Modem Internal
modem internal ialah modem yang telah terpasang di PC/laptop.
Kelebihan modem internal :
  • Modem internal biasanya jauh lebih murah daripada modem eksternal. 
  • Internal modem menggunakan kekuatan komputer untuk menjalankan fungsi. Tidak ada tambahan plug diperlukan. modem internal sangat efisien dan menggunakan daya kurang dari modem eksternal. 
  • Internal modem diinstal di dalam komputer, sehingga mengambil ruang tidak di atas meja. Hal ini membebaskan ruang meja untuk benda lain.
  • Internal modem hanya memerlukan saluran telepon untuk disambungkan. Kekuatan dan sambungan komputer semua diasuh oleh slot PCI dimana modem terhubung.
  • Modem eksternal merupakan magnet bagi debu. Sedangkan modem internal tidak akan ditutupi dengan debu karena terletak di dalam komputer.
Kekurangan modem internal :
  • Tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modemeksternal. Akibatnya agak sulit untuk Artikel memantau status modem (walaupun Bisa dilakukan lewat software).
  • Tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU.
  • Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.

3.Modem GSM
Kelebihan:
· Sanggup menangani volume transaksi yang besar
· Sanggup menangani transaksi bertubi-tubi dalam waktu yang singkat
· Lebih awet dan perawatannya lebih mudah

Kekurangan:
  1. Harganya mahal
    2. Koneksinya lambat
     dan sering mengalami gangguan

4.Modem ADSL
Kelebihan ADSL
  • Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
  • Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga kita dapat berinternet tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.
Kekurangan ADSL
  • Seperti sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses internetnya.
  • Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL.
  • Adanya load coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas.
  • Adanya Bridged tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO.
  • Penggunaan fiber optic pada saluran telepon digital yang dipakai saat ini.
  • Kecepatan koneksi modem ADSL masih tergantung dengan jarak tiang Telkom atau DSLAM terdekat.
5.Modem CDMA
Kelebihan :
- Awet
- Bisa menggunakan antena eksternal, daya tangkap sinyal lebih kuat
- Bisa berfungsi sebagai kabel data
Kekurangan :
- Masih berjalan di frekuensi 800 MHz, otomatis bisa dipake semua operator CDMA di Indonesia kecuali smart.

c.Switch Hub
Switch hub digunakan untuk menghubung jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu. Switch hubberperan dalam menyatukan kabel jaringan dari setiap komputer baik client maupun server serta modem
*Software*
Software atau parangkat lunak adalah program komputer yang merupakan suatuinstruksi yang harus diberikan kepada unit pengolah agar komputer dapatmenjalankan pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulisdalam bahasa khusus yang dimengerti oleh mesin.Perangkat lunak dalampenggunaannya dapat diklasifikasikan menjadi 5 macam, Yaitu:
1. Sistem operasi (Operasi system)
2. Program Utilitas (utilities Program)
3. Program Aplikasi (Aplikasi Program)
4. Program paket (Package Program)
5. Bahana pemprograman (Programming Language)
*Salah satu software yang ada di komputer
1.Sistem operasi
Sistem operasi merupakan penghubung antara user (pengguna ) dengan computer. Adapun system operasi yang umum digunakan untuk mengakses internet
contoh :
1.Windows









2.Linux







3.Android










2.Browser
Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web.
Contoh :
1.google chrome






2.bing







3.mozilla firefox









3.Instant Messaging Client
Instant Messaging Client berfungsi sebagai sarana chatting, yaitu melakukan percakapan dengan saling mengirim dan menerima pesan berupa teks.
Contoh
1.Yahoo! Messenger









2.We Chat









Demikian Informasi yang saya bagikan...

Sekian terima kasih~
See you...

Komentar

Postingan Populer