Syukur Nikmat

Info : buat yang mau liat ayat nya lebih jelas bisa klik kanan->open image in new tab

Syukur Nikmat
Minggu, 11 Januari 2015
Channel Tv : Indosiar
Acara : Mamah Dedeh Dan AA

Apa saja yang harus di syukuri ? dan apa itu nikmat ? Nikmat yang telah Allah.swt beri kepada kita tidak terhitung, Nikmat yang mana saja yang telah kita rasakan ? dapat di lihat di surah Ibrahim ayat 34 :

Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung ni'mat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (ni'mat Allah).
Nikmat itu تُحْصُوهَآ لَا Tidak terhitung, mata bisa berkedip itu nikmat, mulut bisa berbicara, tangan bisa di gerakkan, telinga bisa mendengar, mata bisa melihat itu semua adalah nikmat dari Allah swt yang تُحْصُوهَآ لَا. Jadi luar biasa nikmat Allah itu. Bayangkan saja Lutut bisa di tekuk, bayangkan apabila tutut tidak bisa di tekuk bagaimana manusia bisa duduk. Mata di letakkan di depan karena agar ketika sholat tidak melirik-lirik yang lain itu sebab nya mata di letakkan di depan agar dapat khusyuk, itu juga nikmat dan wajib untuk bersyukur. Apabila sakit, Oksigen jika di rumah sakit yang murah saja satu jam di kelas tiga 60 ribu di kelas dua 80 ribu, dan dikelas satu 100 ribu dan jika harus satu hari satu malam berapa uang yang harus di keluarkan hanya untuk bernafas saja. Jika Allah.swt memerintahkan kita bernafas harus membayar pasti semua manusia telah meninggal karena tidak sanggup membayar.
Cara untuk bersyukur :
1.Bersyukur dengan hati, orang yang bersyukur dengan hati sekecil apa pun nikmat yang di terima harus bersyukur kepada Allah.swt tanpa menggerutu. Banyak manusia yang telah menerima nikmat dari Allah swt namun masih saja menggerutu mereka termasuk orang yang bersyukur tidak dengan hati.
2.Syukur dengan lidah, ketika mendapat nikmat dari Allah swt langsung berucap Hamdalah . (Segala puji bagi Allah swt yang menguasai Alam)

Kenapa dengan Hamdalah ? bisa dilihat di surah Qashas ayat 70 : Setiap mendapatkan nikmat yang bagaimanapun nikmat nya ucapkan "Alhamdulillah"
3.Syukur dengan amal perbuatan, jika kita berumur panjang pakailah umur itu di jalan yang Allah swt ridhai.
Kepada siapa kita harus bersyukur ? Lihat penggalan Surah Luqman ayat 14 :

وَلِوَٰلِدَيْكَ لِى ٱشْكُرْ أَنِ

ani usykur lii waliwaalidayka (Bersyukurlah kepadaKu dan kepada ibu bapakmu)
Bersyukur kepada Allah, Orang tua (orang tua kandung, orang tua angkat/tiri, dan mertua), dan bersyukur kepaa orang yang menyampaikan nikmat allah kepada kita.
Semua nikmat dari Allah wst itu wajib untuk di syukuri
Bagaimana bersyukur ketika sedang terkena musibah ? Cara Mensyukuri nikmat ketika sedang terkena musibah adalah dengan melihat musibah yang sedang di alami orang lain yang lebih berat di bandingkan yang sedang di rasakan, dari situ akan muncul rasa bersyukur terhadap apa yang sedang di alami.
Manusia itu ada 4 kelas :
1.Senang susah bersyukur
2.Senang bersyukur, Susah cuek
3.Senang susah tidak pernah bersyukur
4.Senang cuek susah baru bersyukur
Lihat surah Al-Baqarah ayat 152 :

Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
Bagaimana mengatur diri agar tidak selalu ingin sesuatu yang lebih ? Dapat di lihat di Surah Ibrahim ayat 7 :

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan melipat gandakan (ni'mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni'mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".
Orang yang selalu mensyukuri nikmat Allah swt selalu di sehat kan badannya, di panjang kan umurnya, di beri harta yang cukup, banyak bersedekah, di jamin hidup nya dengan Allah swt tidak akan mengalami susah.
Di umpamakan orang yang bersedekah niat nya karena Allah di jamin oleh Allah swt ibarat seseorang menanam satu butir tumbuh satu pohon, dalam satu pohon ada 7 cabang, disetiap cabang tumbuh lebih banyak daripada itu. Jadi jika kita memiliki semuanya perbanyaklah sedekahkan, jangan di ingkari (kufur kan) nikmat Allah swt karena pasti di jamin Azab-Nya yang sangat pedih, dan jika selalu merasa kurang itu karena perbuatan setan.
Jika Ingin bersyukur kepada orang tua yang telah meninggal maka sedekahkanlah kepada orang-orang yang membutuhkan dengan niat untuk orang tua "Ya Allah terima lah amal ibadah nya, terimalah iman islamnya, ampuni dosa-dosa nya, lapangkan umurnya, dan jadikan surga tempat nya"
Sebelum masuk ke dalam Akhirat kita harus mengurus urusan di dunia dulu, Rasullullah berkata "Dunia ladang persemihan Akhirat" . Uruslah dahulu urusan dunia untuk bekal di Akhirat kelak.



Komentar

Postingan Populer