Gerakan Penanaman 1Milyar Pohon

Lingkungan hidup adalah tempat manusia hidup saat ini dan masa datang. Gangguan terhadap kelangsungan hidup dapat mengancam kelangsungan hidup manusia. Pengujauan adalah satu kunci utama keberhasilan meningktkan kualitas lingkungan hidup.
Gerakan Menanam 1 Miliar Pohon adalah program dunia untuk mengatasi krisis lingkunganhidupdibumi.
Gerakan penanaman 1 miliar pohon adalah partisipasi yang didorong oleh kesadaran, kemauan dan tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan. Program gerakan penanaman 1 milyar pohon harus terus digalakkan untuk memberikan kontribusi nyata dan bentuk kepedulian bangsa Indonesia terhadap perbaikan lingkungan global.
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan yang cukup luas di dunia. Tentu saja hutan yang ada di Indonesia sangat berarti bagi kehidupan masyarakat. Akhir-akhir ini kita menyaksikan adanya perjanjian-perjanjian antar negara dalam upaya penyelamatan hutan. di Indonesia sendiri, luas hutan terus berkurang sepanjang tahun dan terjadi kerusakan hutan oleh orang-orang yang tidah bertanggung jawab. Hutan terdiri dari banyak pohon yang tidak sejenis namun memiliki manfaat yang sama.
Pada situasi saat ini, diharapkan setiap orang menyadari betapa pentingnya keberadaan hutan bagi kehidupan umat manusia. Walaupun satu pohon merupakan bagian kecil dari hutan yang luas, tetapi fungsinya tidak sekecil pandangan kita terhadap jumlahnya.
Keadaan hutan di Indonesia saat ini sungguh memprihatinkan. Penebangan liar tak henti-hentinya beroperasi dan pembakaran hutan yang meluas masih terjadi saat ini. Manusia jugalah yang merasakan dampaknya seperti kebanjiran, penipisan ozon, dan lain sebagainya. Kondisi hutan Indonesia semakin parah. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mencatat, kini hanya 32 juta hektare (ha) hutan berada dalam kondisi baik dari total 109 juta ha kawasan hutan Indonesia. Sisanya, 77 juta ha tengah dalam kondisi kritis. jelas akan mengancam lingkungan dan ketersediaan air.
Salah satu permasalahan di perkotaan yaitu jumlah polusi yang   dihasilkan dari pembakaran, gas buang kendaraan, gas industri dan lain sebagainya.
Dengan menanam pohon, diharapkan mampu mereduksi dampak perubahan iklim, termasuk emisi gas karbon. Satu pohon dapat menghasilkan 20 juta kandungan oksigen yang dihirup umat manusia. Itulah sebabnya maka gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon, harus terus digelorakan dan dilakukan secara kontinyu. Keberhasilan program itu membutuhkan partisipasi seluruh komponen bangsa, mulai dari pemerintah, masyarakat, organisasi-organisasi kemasyarakatan, swasta, dan kalangan BUMN untuk mendukung suksesnya “Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon Indonesia untuk Dunia.
Gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon, harus terus digelorakan dan dilakukan secara kontinyu pada setiap tahun masa tanam. Dalam waktu 5 sampai 10 tahun mendatang, bangsa Indonesia akan menikmati indahnya bumi Indonesia hijau berseri dengan masyarakatnya yang sejahtera, jauh dari bencana.



Video Gerakan Penanaman 1Milyar Pohon (Penanaman Mangrove)



Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Gz4zrNbhcw8

Komentar

Postingan Populer