Terumbu Karang Is The Best

TERUMBU KARANG


Terumbu Karang” ? Mengapa saya kali ini lebih memilih memposting seputar terumbu karang di bandingkan yang lainya ?
Alasannya, karena menurut saya kini keberadaan terumbu karang sedang terancam, bukankah laut tak akan indah tanpa adanya terumbu karang ? Apa kalian setuju ?
Saya harap dengan postingan kali ini akan membuat kita lebih mengerti pentingnya terumbu karang di kehidupan kita, sehingga tidak ada lagi yang namanya perusakan terumbu karang, agar laut selalu terlihat indah.
Happy Reading :)

TERUMBU KARANG
Istilah terumbu karang tersusun atas dua kata, yaitu terumbudan karang, yang apabila berdiri sendiri akan memiliki makna yangjauh berbeda bila kedua kata tersebut digabungkan. Istilahterumbu karang sendiri sangat jauh berbeda dengan karang terumbu,karena yang satu mengindikasikan suatu ekosistem dan kata lainnyamerujuk pada suatu komunitas bentik atau yang hidup di dasarsubstrat. 
Berikut ini adalah definisi singkat dari terumbu karang.
Terumbu karang
adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga yang disebutzooxanthellae.Hewan karang bentuknya aneh, menyerupai batu dan mempunyai warnadan bentuk beraneka rupa. Hewan ini disebut polip, merupakanhewan pembentuk utama terumbu karang yang menghasilkan zat kapur.Polip-polip ini selama ribuan tahun membentuk terumbu karang.

Zooxanthellae
adalah suatu jenis algae yang bersimbiosisdalam jaringan karang. Zooxanthellae ini melakukan fotosintesismenghasilkan oksigen yang berguna untuk kehidupan hewan karangTerumbu karang merupakan ekosistem laut dangkal tropis yangpaling kompleks dan produktif. Terumbu karang juga merupakanekosistem yang rentan terhadap perubahan lingkungan, namuntekanan yang dialaminya semakin meningkat seiring denganpenambahan jumlah penduduk dan aktivitas masyarakat di wilayahpesisir.Secara alami, terumbu karang merupakan habitat bagi banyakspesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluran, pembesarananak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Biota Laut 
  1. Secara alami, terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluran, pembesaran anak, makan dan mencari makan (feeding & foraging), terutama bagi sejumlah spesies yang memiliki nilai ekonomis penting. 
  2. Banyaknya spesies makhluk hidup laut yang dapat ditemukan di terumbu karang menjadikan ekosistem ini sebagai gudang keanekaragaman hayati laut. 
  3. Saat ini, peran terumbu karang sebagai gudang keanekaragaman hayati menjadikannya sebagai sumber penting bagi berbagai bahan bioaktif yang diperlukan di bidang medis dan farmasi.
Manfaat Terumbu Karang Bagi Manusia
  1. Sumber ikan dan makanan laut lainnya yang mengandung protein tinggi.
  2. Melindungi pantai dan penduduk dari hantaman ombak dan arus.
  3. Sumber penghasilan bagi nelayan (tangkapan ikan).
  4. Kekayaan pariwisata bahari yang berdaya jual tinggi (memancing, menyelam, snorkeling).
  5. Sumber kekayaan laut yang bisa digunakan sebagai obat-obatan alami.
  6. Sebagai laboratorium alam untuk pendidikan dan penelitian. 

Namun, saat ini terumbu karang sedang dalam masa kritis. Jumlah terumbu karang di dunia yang masuk dalam kategori “baik” sangat sedikit. Kelangkaan terumbu karang ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu coral bleaching (memutihan karang) yang disebabkan oleh perubahan iklim, dan penyebaran zat-zat kimia berbahaya di dalam laut.
Apa yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan terumbu karang? Terumbu karang bersifat sangat peka maka dari itu, janganlah kita menyentuh terumbu karang dengan benda apapun karena dengan sentuhan kecil saja, terumbu karang bisa mati. Selain itu yang dapat kita lakukan saat ini adalah dengan menyebarkan informasi tentang terumbu karang seluas mungkin menggunakan media apapun yang ada saat ini. Contohnya adalah melalui jejaraing sosial. Dengan menyebarnya informasi tentang terumbu karang ini, masyarakat akan tau lebih banyak akibat-akibat yang akan terjadi bila terumbu karang punah, dengan begitu mereka akan ikut menjaga dan melestarikan terumbu karang
Sumber : 

Komentar

Postingan Populer