Mengenangmu Ayah

Kali ini saya mau ngeposting cerpen tentang kisah seorang anak yang merindukan ayahnya.
Alasan saya memposting cerita ini, karena kisahnya kurang lebih sama dengan kehidupan saya.
Semoga para readers suka ya..

Mengenangmu Ayah

2 tahun 8 bulan yg lalu……………
Aku masih bisa mencium tangannya,,
Aku masih bisa mengecup lembut pipinya,,
Aku masih bisa merasakan kharismanya seorang ayah,,
Aku masih bisa merasakan kasih sayang tulusnya,,
Aku masih bisa melihat wajah teduh penuh cinta,, 


Jum’at , 26 Maret 2010 tepat puku 11.00 Wib
Ajal telah menjemput ayahku,, sosok yang paling aku sayang,, yang paling aku hormati,, yang paling aku patuhi,, yang amat sangat aku cintai...
Ya Rabbil’izzati...
Hamba tak pernah mengira ayah akan Kau panggil secepat ini...
Dalam usia belum genap 47 Tahun... Meninggalkan ibu dan ke tiga putri nya.....
Putri yg masih sangat kecil untuk merasakan kehilangan seorang ayah..
Meskipun sangat berat, ku coba untuk tegar sekuat mungkin..
Pikiranku kalut, pikiranku kacau, aku benar2 hilang arah saat itu...
Ibu yang telah keburu pingsan, tak kuasa melihat kepergian ayah. Dan aku mencoba tegar menemani saat terakhir beliau di dunia ini.. dengan kondisi yg amat sangat lemah, kucoba membimbing ayah untuk mengucap lafadz2 Alloh hingga nafasnya benar2 terhenti...

Innalillahi wainnailaihi roji’un...
Ayahku telah tiada....
Ayahku telah menghadap Alloh Swt dengan tenang...
Dan seketika itu aku sadar.... AKU ANAK YATIM.....
Ya .... Aku anak Yatim sekarang....

Kucoba menguatkan ibuku, meski beliau tetap meronta...
Dan aku kembali sadar....
Sekarang, akulah tumpuan keluargaku....
Aku anak pertama, dengan dua orang adik, dan ibu yg tak bekerja...
Ya Allah,, sungguh berat rasanya kulalui hidup ini sekarang...
Tp aku tak boleh menyerah..
Aku percaya ini adalah jalan terbaik yang Tuhan tunjukkan untuk ku dan keluargaku...
Tabahkan hati kami Ya Rabbi, Sabarkan hati kami, mudahkanlah kami melalui hidup ini tanpa sosok seorang ayah... Berikan tempat yang terbaik untuk alm ayah disana Ya Allah.

Atas nama cinta kusampaikan doa ini, satu dari sekian banyak doa untuk ayah yang selalu ingin kukirim ke negeri abadi, tempat ayah kini berada. Setiap doa adalah lukisan peristiwa dan luapan rasa yang berbukit-bukit tentang rindu yang luar biasa dari seorang anak kepada ayahnya.

Ayah, menyebut namamu, mengalunkan vibrasi dalam denyut nadiku, memenuhi rongga tubuhku dengan getaran. Jutaan getaran yang ditimbulkan oleh perasaan-perasaan yang berbeda, menyatu, membuatku terpekur dalam kerinduan. Rindu pada segala hal tentang ayah.

Ayah, aku ingin ayah tahu bahwa aku disini baik-baik saja. Ayah tidak perlu khawatir ya. Aku kangen ayah, kangen sekali. Rasa itu membuncah dalam dada. Setiap hari kucoba menitipkan rasa itu lewat doa-doa panjangku. Kuharap ayah bisa merasakannya. Banyak yang hilang dari hidupku sejak ayah pergi.

Ketika pucuk-pucuk pohon telah menjadi pangkal bagi tunasnya,
Ketika sayap-sayap telah lelah untuk menjelajah,
Dan ketika aroma tanah basah telah hilang, menjadi untaian jelaga dan kepanasan,
Barulah aku sadar….

Sudah dua tahun, dua tahun aku jauh dari ayah, dua tahun aku tidak mendengar nasihat dari ayah, dua tahun aku lepas seperti kapas, dua tahun aku tidak terbakar oleh kobaran semangat ayah, dan dua tahun aku mencoba tetap tegar menghadapi segala persoalan hidup, mencari setiap solusi yang aku butuhkan. Sendiri.

Bukan waktu yang singkat untuk sebuah perasaan kehilangan, dan bukan waktu yang terlalu lama untuk sebuah tahapan pendewasaan. Entahlah,, baru sekarang aku sadar batapa diri ini sangat rindu. Rindu pada setiap canda dan tawa yang kau tawarkan, cerita-cerita konyol, nasihat klasik dan bara semangat yang senantiasa mendidihkan keberanianku di waktu yang lalu. Dan ketika itu, semua hanya biasa. Tak pernah ada kesan istimewa. Tapi sekarang, yang biasa itulah justru yang sangat aku rindukan.

Ayah, kau tak pernah berhenti mengungkap segala harapan dan impian. Harapan yang kau berikan pada anakmu, keinginan tuk jadikan aku yang luar biasa. Harapan agar aku menjadi yang paling indah dan berarti. Hanya untuk sebuah alasan, “karena aku adalah anakmu”.

Kau tak pernah rela aku berada pada satu titik kesalahan, yang mungkin akan membawaku pada sedikit kemunduran. Dan kaupun selalu bangga dengan prestasi yang coba ku ukir, meski itu hanya untuk sedikit langkah yang lebih maju.

Ayah, betapa kerinduan ini semakin dalam. Walaupun banyak hal menyenangkan yang aku temui, kadang aku merasa lelah, letih dengan semua yang aku hadapi. Merasa putus asa dan ingin menyerah bila menghadapi masalah, meskipun itu belum seberapa.

Ayah, mengapa terkadang aku merasa dunia begitu tidak adil padaku? Kau meninggalkan aku disaat aku benar-benar butuh pendampingan darimu. Dari sosok seorang ayah. Aku merasa ditinggalkan.
Astaghfirullahal’adziim
Allah, aku tidak bermaksud untuk menggugatMu atau menuntut yang lain dariMu. Aku hanya ingin mengungkapkan perasaan fitrahku, dan terkadang aku merasa berhak untuk itu. Aku ingin menangis, Ya Allah. Tapi aku tidak bermaksud untuk tidak ikhlas dengan semua kehendakMu, aku juga tak ingin air mataku menjadi penghalang bagi perjalanan ayahku menghadapMu. Aku hanya merasa aku berhak untuk menangis, meskipun terkadang aku tak tahu mengapa harus menangis. Tapi bukankah itu hak ku sebagai manusia??

Ayah, harapan yang kau letakkan di pundakku, harapan itulah yang senantiasa menjadi tonggak penyangga hingga aku tetap bisa bertahan menghadapi semua.

Ayah, ada banyak sekali potret ayah yang tersimpan dalam bingkai kenanganku, potret diri ayah dengan setiap nasihat dan kata-kata bijak yang kini menjadi salah satu pemanduku dalam mengarungi lautan kehidupan. Ayah tahu, mengenang ayah adalah mengenang sosok pencinta kehidupan dan sungguh aku banyak belajar dari ayah. Ayah adalah tauladan. Aku telah memahami bahwa mencintai berarti menghargai. Mencintai hidup berarti menghargai hidup.

Dan itu yang aku lakukan sekarang dan seterusnya hingga kelak Allah memanggilku untuk kembali. Aku janji ayah!! Aku kini mencoba menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

Ayah,,,
tangisku, tak kan dapat memutar waktu
Sesalku tak kan dapat memelukmu
Dan harapku, tak kan mampu tuk kembalikanmu

Ayah...
Semasa kecil kami belum mengerti
Apa arti pengorbanan seorang ayah
Selalu berjuang demi kebutuhan anakmu
Tanpa mengenal waktu
Engkau rela di hina dan di maki
Demi anak-anakmu

Ayah...
Saat detik kepergianmu
Menghembus nafas terakhir
Kami seperti tak percaya
Karena beberapa detik
Engkau telah pergi untuk selamanya

Ayah...
Sungguh bagiku hidup ini terasa berat untuk dijalani
Sungguh bagiku sulit untuk menerima semua kenyataan ini
Tak pernah kubayangkan sebelumnya,
Betapa kesepian nya ibu tanpa hadirmu
Betapa berat beban ibu untuk mengasuh aku dan adik-adikku
Betapa tegarnya ibu saat kau putuskan harapan nya

Ayah...
Apakah engkau mengerti akan kerinduanku saat ini
Betapa hidup ini amat sangat berat setelah kau tiada
Betapa semua terasa sulit saat kau tak lagi ada
Aku merindukanmu ayah,, sangat merindukanmu
Tapi inilah takdir
Kami harus tetap tegar
Melepaskan dengan ikhlas
Walau kadangkala ku menangis

Ayah...
Betapa anakmu kehilangan
Dan selalu terbayang wajahmu
Serasa engkau masih bersama kami

Ayah...
Aku bersyukur pernah merasakan kasih dan sayangmu
Kau berikan aku pengertian yang aku tidak mengerti
Kau ajari aku pelajaran yang aku tidak pahami
Kau guru sekaligus jaksa yang paling adil untuk keluargamu
Sampai kau merasa lelah dan sudah cukup untuk menuntun kami
Lalu kau titipkan kami pada ibu
Aku bangga memiliki ayah sepertimu
Kini hanya do’a yang mampu sampai ketempat terindahmu
Semoga Alloh selalu memberi kebahagiaan untukmu
Seperti halnya kau berikan pada kami


Ayah...
Maaafkan anakmu ini
Yang belum mampu membahagiakan dirimu
Di waktu hidup dan tua mu
Kini aku hanya bisa berusaha
Dengan setiap apa yang kupunya
Dengan setiap ucap dalam doa

Ya As-Sami’...
Engkau maha mendengar
Perkenankan permohonan kami
Ya Al-Ghafur...
Ampuni dosa dan kesalahan ayah kami
Semasa hidup dan mati nya
Ya Al-Maajid…
Tempatkan ia pada kemuliaanmu
Karena disisiMu tempat kemuliaan kami

Dan kini...
Meskipun ayah telah tiada...
Seluruh kenangan hidupku kan menjadi saksi
Saksi atas perjuangan..,pengorbanan..,kesungguhan.., dan keikhlasan
Disinilah...anakmu sedang mengenang Ayah
Dan memanjatkan do'a agar Ayah diterima di sisi-Nya. Amin
Juga untuk orang tua sahabatku yang telah meninggal...
Ampunilah segalah kesalahan dan dosanya...
Lipatgandakan segala amal kebajikannya. Amin

Ayah…..
Masih terngiang dalam benakku
Saat terakhir kau genggam tanganku
Kau berbisik lemah….sangat lemah……
Agar aku tidak menangis lagi

Tapi Aku tak kuasa…
Untuk tidak menangis dipusaramu
Hingga kubiarkan airmata ini mengalir perlahan
jatuh terserap…. dan berharap bangunkan tidurmu

Ayah……
Aku berjanji, akan slalu melanjutkan harapanmu
Dan tetap berdiri Tegar, meski karang menghadang

Memang benar, terkadang kita merasa bahwa kita mempunyai sesuatu yang sebenarnya sangat berharga justru pada saat kita telah kehilangan.

Ya Allah,,, mudahkanlah jalanku
Untuk beribadah kepadaMu dengan
Melaksanakan amanah orangtuaku

Ya Allah,,, jadikan aku seorang anak
Yang benar-benar bisa berbakti kepada orangtua
Sabarkan aku untuk menghadapi segala kondisi

Ya Allah,,, pertemukanlah aku dengan orang-orang
Yang aku sayangi di akhirat nanti
Semoga jerih payah ini kan menjadi
Buah yang manis di masa depanku
Dan menjadi jalan pahala bagi orangruaku

Rabighfirlii waliwalidyiya warhamhumaa kamaa robbayanii soghiro, robbana aatinaa fiddunya khasanah wa fil aakhiroti khasanah waqinaa adzabannar. Amin



Komentar

Postingan Populer